Dasar-dasar Internet

Mengenal Internet

Akhir-akhir ini sering sekali kita mendengar kata-kata “Internet”. Dimana-mana orang-orang selalu berbicara tentang Internet. Sesama teman saling memberikan alamat e-mail mereka, belum lagi jika ada yang menanyakan soal homepage anda. Internet sepertinya sudah merupakan hal yang umum di masyarakat.

1. Apa itu Internet ?

Secara teknis, Internet atau International Networking merupakan dua komputer atau lebih yang saling berhubungan membentuk jaringan komputer hingga meliputi jutaan komputer di dunia (internasional), yang saling berinteraksi dan bertukar informasi. Sedangkan dari segi ilmu pengetahuan, Internet merupakan sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan (bahkan milyaran) informasi atau data yang dapat berupa text, graphic, audio, animasi, dan lain-lain dalam bentuk media elektronik. Orang bisa “berkunjung” ke perpustakaan tersebut kapan saja dan dari mana saja. Dari segi komunikasi, Internet adalah sarana yang sangat efisien dan efektif untuk melakukan pertukaran informasi jarak jauh,maupun di dalam lingkungan perkantoran.

2. Sejarah Internet

Pada awalnya Internet merupakan suatu jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika di awal tahun enam puluhan, melalui proyek ARPA (Advanced Research Project Agency) yang disebut ARPANET, dimana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak berhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal untuk pengembangan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/InternetProtocol). ARPANET dibentuk secara khusus oleh empat universitas besar di Amerika, yaitu: Stanford Research Institute, University of California at Santa Barbara, University of California at Los Angeles, dan University of Utah, dimana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Pada tahun 1981, jumlah komputer bergabung dalam ARPANET hanya 213 komputer, kemudian di

tahun 1986 bertambah menjadi 2.308 komputer, dan 1,5 juta komputer pada tahun 1993.

Pada awal tahun delapan puluhan, seluruh jaringan yang tercakup dalam proyek ARPANET di ubah menjadi TCP/IP, karena proyeknya sendiri sudah dihentikan, dan jaringan ARPANET inilah yang merupakan koneksi utama (backbone) dari Internet. Proyek percobaan tersebut akhirnya dilanjutkan dan dibiayai oleh NSF (National Science Foundation) suatu lembaga ilmu pengetahuan seperti LIPI di Indonesia. NSF lalu mengubah nama jaringan ARPANET menjadi NSFNET dimana backbonenya memiliki kecepatan tinggi dan dihubungkan ke komputer-komputer yang ada di universitas dan lembaga penelitian yang tersebar di Amerika. Dan baru setelah itu Pemerintah Amerika Syarikat memberikan izin kearah komersial pada awal tahun 1990.

Jelaslah bahwa awalnya Internet dikenal sebagai suatu wadah bagi para peneliti untuk saling bertukar informasi yang kemudian dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan komersil sebagai sarana bisnis mereka. Saatini pengguna Internet tersebar di seluruh dunia dengan jumlah mencapai lebih dari 250jutaorang.

3. Fasilitas Internet

Saat ini jika orang berbicara tentang internet , yang mereka maksud adalah bagian dari internet yang disebut World Wide Web (www). Pada kenyataannya internet mempunyai banyak bagian yanglain,yaitu:

ü World Wide Web disingkat Web adalah bagian yang paling menarik dari internet. Melalui web kita bisa mengakses informasi-informasi tidak hanya berupa teks, tapi juga gambar-gambar, suara, film, dan lain-lain. Untuk mengakses web dibutuhkan software yang disebut browser. Jenis browser-pun ada banyak macamnya, diantaranya Microsoft Internet Explorer, Netscape Communicator, Mozilla Firefox, dll.

ü Electronic Mail disingkat e-mail adalah surat elektronik yang dikirimkan melalui internet. Dengan fasilitas ini kita bisa mengirim atau menerima e-mail dari dan ke pengguna internet di seluruh dunia. Jika di bandingkan dengan pos, fasilitas e-mail jauh lebih cepat. Kita bisa mengirim e-mail ke teman yang berada di luar negeri hanya dalam waktu beberapa menit dan tidak perlu kuatir surat tersebut akan rusak karena hujan atau hal-hal lainnya. Untuk mengirim atau menerima e-mail kita diharuskan mempunyai account email yang berada di sebuah website, semisal Yahoo! Mail, Google Mail, dll. Yang perlu dilakukan hanya mengetik surat tersebut dan kemudian mengirimkannya. Di internet juga banyak tersedia Mailing List, fasilitas yang memungkinkan kita untuk saling berbagi informasi mengenai topik-topik tertentu dengan orang lain. Jika kita bergabung dengan salah satu mailing list, kita bisa menerima dan mengirim e-mail ke semua anggota mailing list tersebut.

Apapun fasilitas yang anda gunakan, semuanya merupakan bagian dari internet. Melalui fasilitas-fasilitas internet itu, kita bisa melakukan banyak hal yang akan menambah pengetahuandan wawasan kita.

Situs Web dan Homepage

Informasi-informasi yang terdapat di WWW dikemas dalam bentuk halaman- halaman web (web page). Sekumpulan halaman web milik seseorang atau suatu perusahaan dikumpulkan dan diletakkan dalam sebuah situs web (web site) sedangkan homepage adalah istilah untuk menyebut halaman pertama yang akan muncul jika sebuah situs web diakses. Setiap halaman dan situs dalam WWW memiliki alamat yang unik dan khas yang disebut sebagai URL (Universal ResourceLocator). URL mempunyai bentuk dasar:

protocol:/hostname/[path/[filename]

Contoh URL salah satu situs web:

http:/www.sultra.go.id

protocol adalah suatu mekanisme yang sudah distandarkan untuk mentransfer atau memanipulasi data. Contoh : server dan browser WWW harus mendukung protocol HTTP agar dapat digunakan. HTTP (HyperText Transfer Protocol) adalah suatu protokol internet yang digunakan oleh World Wide Web. Dengan protokol ini sebuah web client (dalam hal ini browser) seperti Internet Explorer atau Netscape dapat melakukan pertukaran data hypermedia, seperti teks, gambar, suara, bahkan video dengan Web server. Host adalah alat yang memiliki Internet Protocol (IP) address di suatu network TCP/IP atau Internet. Alat (device) tersebut dapat berupa komputer, router, antena, modem, printer. Misal : IP Address dari TELKOM adalah 202.134.0.155, jika semua alamat situs berfomat seperti ini, tentu kita kesulitan dalam mengingat namanya, untuk itulah diperlukan hostname sebagai alat bantu. Jika kita mau membuka situs telkom, kita cukup ketik http:/www.telkom.net.id.[path/[filename]] adalah lokasi penyimpanan dannama file pada suatu server.

HyperText Markup Language (HTML)

Halaman web adalah sebuah dokumen HTML, artinya, untuk menulis sebuah halaman web digunakan HTML (HyperText Markup Language), yaitu suatu bahasa yang menggunakan tanda-tanda tertentu (disebut sebagai Tag) untuk menyatakan kode-kode yang harus ditafsirkan oleh browser agar halaman tersebut dapat ditampilkan secara benar. Dokumen HTML sebenarnya hanya berupa dokumen teks biasa (tujuannya agar dapat dengan mudah dipindah-pindahkan antar berbagai platform), namun kelebihannya dari dokumen yang lain adalah: dengan HTML dapat dilakukan pemformatan teks, peletakan gambar, suara dan elemen-elemen multimedia yang lain, dan yang terpenting adalah hypertext, yakni teks yang berfungsi sebagai suatu penghubung (hyperlink atau link) antara halaman web yang satu dengan halaman web lainnya. Link-link inilah yang menjadi cirri khas dan sekaligus membentuk World Wide Web, yaitu jaringan halaman-halaman web yang saling terhubung satusama lain.

4. Bekerja dengan Internet

Ada tiga cara untuk memulai bekerja dengan internet ( asumsi komputer telah terkoneksi ke ISP/ Internet );

a. Menggunakan menu

v Klik menu Start,sehingga muncul beberapa menu

v Pilih Program dan Klik Internet Explorer atau

v Pilih Program dan Klik Mozilla Firefox + Mozilla Firefox

b. Menggunakan Icon di Desktop

Klik dua kali icon internet explorer yang terdapat di dekstop komputer anda

c. Menggunakan Icon di Taskbar

Klik icon internet explorer yang terdapat ditaskbar computer anda

Setelah salah satu dari cara diatasandalakukan, maka tampilan awaldari internet explorer akan muncul seperti berikut (gambar 01);

Standard Button

Standard Button

Address Bar

Menu Bar

(gambar 01)

4.1 Mengenal Elemen Internet Explorer

Perhatikan gambar diatas, secara umum jendela internet explrorer terdiri dari empat bagian utama, yaitu

v Menu Bar, berisi sederetan menu yang akan membantu kita dalam proses surfing di internet. Setiap menu mempunyai sub menu dan fungsi sesuai dengan nama menunya.

v Standard Buton, terdiri dari icon-icon standar yang akan sering digunakan disaat kita mengakses internet.

Icon

Fungsi

Kembali ke halaman sebelumnya yang telah diakses

Bila telah kembali kehalaman sebelumnya dengan Buton Back, maka untuk Maju ke halaman berikutnya gunakan tombo lini.

Tombol ini digunakan untuk menghentikan proses penampilan situs web yang telah diketik pada address bar

Digunakan untuk mengulangi kembali proses penampilan situs web.

Digunakan untuk kembali ke halaman awal dari internet explorer.

Digunakan untuk menampilkan jendela pencarian yang disediakan oleh internet explorer.

v Address Bar, digunakan untuk mengetikkan alamat situs web yang akan dikunjungi.Misalnya anda mau mengunjungi situs Program Pencarian Google, maka pada kotak address bar ini ketikkan http://www.google.com lalu tekan tombol ENTER atau klik tombol GO yang terletak di ujung kotak address bar ini. Maka browser Internet Explorer akan membuka situs tersebut. Jika kita sedang mengarahkan penunjuk mouse ke suatu kata, kalimat, icon atau gambar dan bentuk mouse berubah menjadi gambar tangan yang sedang menunjuk, berarti kata, kalimat, icon atau gambar tersebut dapat diklik dan akan membawa kita kehalaman yang lain. Inilah yang disebut dengan hyperlinks biasa disingkat link. Dengan adanya hyperlink ini, suatu situs web menjadi kaya akan halaman. Coba anda buka http://www.yahoo.com, anda akan menemukan ratusan daftar link. Semakin banyaklink dari suatu situs web, berarti situs tersebut padat akan informasi.

v Status Bar, berfungsi untuk menampilkan alamat dari hyperlinks yang yang sedang disorot.

4.2 Menyimpan Halaman yang Aktif

Untuk menyimpan informasi yang diperoleh dari suatusitus, dapat dilakukan dengan

cara ;

  • Klik menu File danpilih Save As,muncul kotak dialog Save As (gambar 02)
  • Tentukan lokasi penyimpanannya.
  • Pada kotak Save As type, pilih web page, HTML only jika ingin menyimpan teksnya saja atau pilih WebPage, Complete untuk menyimpan seluruh isi website termasuk images (ukuran file menjadi besar).
  • Klik tombol Save untuk melakukan proses penyimpanan

(gambar 02)

Menyimpan Sebagian Infomasi

  • Bloklah terlebih dahulu data yang akan disimpan, dengan cara klik di awal data yang akan disimpan dangeser tombol mouse ke akhir data. (gambar 03)
  • Pilih Editdan klik Copy (tekan Ctrl+C)
  • Aktifkan MS-Word, Notepad, atau program teks yang lain.
  • Pilih Editdan klik Copy (tekanCtrl+V)

(gambar 03)

Maka data yang diblok tadi akan berpindah ke format MS-Word, kita bisa melakukan pengeditan seperlunya. Simpanlah hasil pengeditan tersebut sebagaimana anda menyimpan dokumen teks biasa

Menyimpan Gambar/images

  • Klik kanan diatas gambar/image yang akan disimpan. (gambar 04)
  • Klik pilihan Save Image as
  • Tentukan lokasi penyimpanan file tersebut.
  • Pada kotak file name, ketikkan nama file tersebut.
  • Pada Save as type,tentukan tipe file yang akan disimpan
  • Klik tombol Save untuk melakukan proses penyimpanan

(gambar 04)

5. Menemukan Informasi dengan Mesin Pencari (Search Engine)

Seperti telah dikemukakan diatas, internet adalah gudangnya informasi, mulai dari hal-hal yang kecil sampai pada hal-hal yang diluar pikiran kita semuanya ada di internet. Tinggal bagaimana caranya kita memanfaatkannya.Diantara jutaan bahkan milyaran informasi yang ada di internet, tentu kita akan kesulitan untuk mencari informasi tertentu. Untuk itulah mesin pencari (Search Engine) sangat berperan dalam mencarikan informasi yang dibutuhkan.

Banyak sekali situs yang berfungsi sebagai mesin pencari di internet saat ini, diantaranya adalah http://www.yahoo.com, http://www.google.com, http://www.catcha.co.id, www.hotbot.com, www.incari.com, http://www.excite.com, http://www.searchindoensia.com, http://www.looksmart.com, http://www.naver.co.id, http://www.altavista.com dan masih banyak yang lainnya. Diantara sekian banyak mesin pencari, kami sarankan anda menggunakan http://www.yahoo.com atau http://www.google.com, karena situs ini lebih padat informasi dan selalu di update.

Adapun cara menggunakan mesin pencari ini adalah sebagai berikut ; (kita gunakan http://www.google.com untuk mencari informasi tentang Program Ekstensi).

Ø Aktifkan browser Internet Explorer anda.

Ø Pada kotak Address, ketikkan www.google.com Tekan tombol ENTER atau Klik GO. Tunggu hingga tampil situs google tersebut.

Ø Setelah tampil situs google, ketikkan ‘Program Ekstensi’ pada kotak berwarna, lalu tekan ENTER atau klik Google Search, lihat gambar berikut;

Ø Tunggu beberapa detik, maka mesin pencari Google akan menampilkan daftar situs dan link yang menggunakan kata Program Ekstensi dalam sistusnya. Lihat hasil berikut ;

Ø Gunakan vertikal scrol bar untuk menggeser layar kebawah, kliklah daftar link yanganda inginkan, maka anda akan dibawa menuju kealamat link tersebut.

Dengan cara yang sama, anda juga dapat mencari informasi tentang apa saja, misalnya anda ditugaskan oleh dosen untuk mencari data keuangan atau profil suatu perusahaan di internet. Maka langkah pertama anda harus tahu alamat situs web dari perusahaan tersebut, kalau tidak tahu, gunakanlah mesin pencari ini. Mesin pencari ini akan selalu membantu anda kapan saja anda butuh.


6. Electronic Mail (E-mail)

6.1 Apa itu Electronic Mail

Electronic Mail adalah salah satu fasilitas atau aplikasi yang paling banyak digunakan di Internet. Hal ini karena Email merupakan alat komunikasi yang paling murah dan cepat. Dengan Email kita dapat berhubungan dengan siapa saja yang terhubung ke Internet di seluruh dunia dengan biaya pulsa lokal(bila kita menggunakan line telepon atau ISDN). Emailmenggeser penggunaantelepon danfax dimasa kini. Konsep Email adalah seperti kita mengirim surat dengan pos biasa, dimana kita mengirimkan ke kantor pos dengan dibubuhi alamat yang kita tuju. Dari Kantor Pos tersebut akan disampaikan ke Kantor Pos yang terdekat dengan alamat yang dituju dan akhirnya sampai ke alamat tersebut. Dan si penerima hanya membuka kotak pos-nya saja yang ada didepan rumah. Disini si Pengirim tidak tahu apakah si orang yang dituju tersebut sudah menerima surat tersebut,sampaisuratitu dibalas. Dengan Email, data dikirim secara elektronik sehingga sampai di tujuan dengan sangat cepat. Juga kita dapat mengirim file-file berupa program, gambar, graphik dan lain sebagainya. Kita juga dapat mengirim ke lebih dari satu orang sekaligus pada saat bersamaan dan kita juga tahu dalam hitungan detik, bahwa surat kita tersebut telah sampai ketujuannya

6.2 Jenis-jenis E-Mail

Selama ini tentunya Anda telah mengenal tiga jenis layanan email, yaitu POP mail, email forwarding dan email berbasis web. Masing-masing jenis email tersebut mempunyai kelebihan dankekurangan.

Ø POP Mail

Email jenis ini sama dengan email yang Anda terima dari ISPAnda (bagi Anda yang connect internet dari rumah atau kantor).

Kelebihan :

Kelebihan utama POP mail adalah kemampuannya untuk dibaca secara offline (tidak connect ke internet). Untuk mengecek email, Anda perlu connect ke server POP mail Anda, lalu mendownload seluruh email yang ada. Setelah itu Anda bisa memutuskan hubungan dengan internet dan membaca email. Bila sudah siap dengan jawabannya Anda bisa connect lagi ke internet dan tekan Send. Untuk itu semua Anda harus menggunakan program client mail seperti Eudora, Outlook Express, Mozilla ThunderBird, atau program Mail Client yang lainnya.

Kekurangan

Kekurangan POP mail adalah Anda tidak bisa mengecek email Anda dari sembarang tempat.

Ø Web Based email

Email jenis ini merupakan email yang ditawarkan berbagai situs seperti YahooMail, GoogleMail, Hotmail, BolehMail, LoveMail dan lain-lain.Biasanya bersifat gratis.

Kelebihan

Anda bisa mengecek email Anda dari mana saja dan browser apa saja.

Kekurangan

Kekurangan utama dari email berbasis web adalah, untuk mengecek email Anda harus selalu terhubung ke internet. Bagi yang hanya menerima beberapa atau belasan email tentu nggak begitu terasa. Tapi bagi Anda yang menerima puluhan email atau bahkan ratusan email tentu akan terasa kekurangannya terutama dalam hal biaya (menambah biaya, karena harus selalu connect ke internet).

Ø Email Forwarding

Email jenis ini akan terasa manfaatnya bagi Anda yang belum menemukan layanan email yang cocok alias suka gonta-ganti email. Pada prinsipnya email forwarding ini merupakan layanan email yang meneruskan email yang dikirim kepadanya ke account email Anda yanglain.

Kelebihan

Anda bisa menyembunyikan alamat email Anda yang sesungguhnya. Selain itu Anda juga tidak perlu memberi tahu email Anda yang baru (jika Anda sering gonta-ganti email). Yang anda berikan cukup alamat email forwarding tersebut.

Kekurangan

Karena bersifat sebagai perantara, email tersebut akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai ke tempat Anda.

Pada kesempatan ini, kita mencoba membuat web based e-mail, dimana kita akan memanfaatkan fasilitas email gratis dari http://www.yahoo.com dan Microsoft Outlok sebagai software untuk mengelolanya ( email reader ). (gambar 05 dan gambar 06)

(gambar 05)

(gambar 06)

7. Chating

Chating atau ngobrol melalui teks via internet merupakan salah satu fasilitas internet yang paling banyak digunakan untuk berbicara dengan siapa saja di seluruh dunia yang terkoneksi ke internet. Dengan chating, kita bisa bicara dengan keluarga, teman, relasi kerja, atau siapa saja yang berada jauh dari kita. Kita bebas menggunakan bahasa apa saja yang kita kuasai, bisa bahasa inggris, jerman, perancis, dll.

Untuk dapat menggunakan fasilitas ini, kita harus menginstall software untuk chating, salah satu software yang paling banyak digunakan saat ini adalah Yahoo! Messenger (gambar 07) dan mIRC yang ciptakan oleh Khaled Mardam-Bey.

(gambar 07)

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: